19 Oktober 2012

Banyuasin menyabet 3 (Tiga) Penghargaan Nasional ICTPURA,Dinas Terbaik & Penulis Makalah terbaik

 
ICTPURA adalah penghargaan tertinggi implementasi Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi disuatu daerah di tanah air. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menilai dan memberikan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah seindonesia guna melihat sejauhmana kesiapan daerah (kab/kota) diindonesia menghadapi era perkembangan digital. 

Kebutuhan akan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang dikenal secara internasional ICT (Information Communication Technology) sudah menjadi kebutuhan primer, seluruh aspek kehidupan di negeri ini tidak terlepas dari peranan teknologi ini. Oleh karena itu pada 18 Oktober 2012 kemarin pukul 19.00wib s.d selesai Kementerian Komunikasi dan Infomatika RI mengundang seluruh pemerintah daerah seindonesia yang dinilai siap menghadapi era penerapan Digital.
Penghargaan itu antara lain: ICTPURA, USOAWard untuk Dinas Kominfo terbaik, USO AWARD penulis makalah PLIK, USOAWARD untuk pengelola PLIK terbaik, Penghargaan USOaward untuk Universitas, pers, televisi swasta dan masyarakat.
ICTPURA memiliki terbagi 5 KAtegori:
1.     ICTPURA Paripurna dengan Indeks Prestasi 5,0 tetapi tidak ada satu pun daerah yang memenangkan ini, karena harus memiliki nilai sempurna.
2.     ICTPURA UTAMA dengan indeks prestasi diatas 4,0 yang dimenangi oleh 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota seindonesia.
3.     ICTPURA Madya dengan indeks prestasi 3,0 keatas.
4.     ICTPURA Muda dengan indeks prestasi 2,0 keatas.
5.     ICTPURA khusus dengan indeks prestasi 1,0 keatas. 
Dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin menerima ICTPURA UTAMA dari 9 kabupaten/kota diindonesia yang menerima ICTPURA UTAMA dengan Indeks Prestasi 4,3 merupakan prestasi yang gemilang ditanah air. Pengembangan ICT atau TIK di Banyuasin tergolong baru yakni sejak tahun 2009 dengan diterbitkanya Perbub No.5 tahun 2009 tentang Pembentukan TIM Pengembangan CIT /TIK dimana Bupati Banyuasin H.Amiruddin Inoed meninstruksikan percepatan pembangunan TIK di Kabupaten Banyuasin. 
Meskipun tergolong muda, tetapi pembangunan TIK di Banyuasin mampu bersaing dengan kab/kota diindonesia yang jauh lebih dulu menerapkan TIK dipemerintahnya. Selain itu Kabupaten Banyuasin juga menerima Penghargaan Dinas Kominfo terbaik nasional yang diterima oleh kadishubkominfo Supriadi,SE,M.Str serta Penulis Terbaik Makalah tentang penerapan PLIK didaerah atas nama Erwin Ibrahim yang juga selaku Kabid Kominfo pada dinas perhubungan Kominfo Kabupaten Banyuasin.
 Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo DR.Basuki Yusuf Iskandar, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Teknologi Informasi Komunikasi diindonesia telah menjadikan 30% waktu dalam sehari masyarakat Indonesia tidak lepas dari pemanfaatan teknologi ini. Telekomunikasi seluler, internet, dan aplikasi lainnya telah menjadi hal yang penting didalam kehidupan.
Dipemerintah ,TIK menjadi suatu kebutuhan didalam menunjang pelayanan kepemerintahan dan pelayanan masyarakat yang dikenal dengan egovernment. Di dunia swasta juga dikenal dengan e-business, e-comerce. Di dunia pendidikan e-education, di kehidupan masyarakat dikenal social networking. Maka masyarakat diera digital ini tidak lepas dari penggunaan Teknologi ini.
Jika Pemerintah dan masyarakat tidak siap menghadapi ini, maka daerahnya akan menjadi daerah tertinggal yang berdampak menjadi lambatnya pertumbuhan ekonomi rakyat, karena arus informasi menjadi lambat, baik informasi potensi daerah maupun ilmu pengetahun, kesehatan, pertanian dan pendidikan, tandasnya mengakhiri.